Merasakan Es Krim Jadul Jogja

tiptop

Ngobrolin soal makanan di jogja kayaknya gak bakalan ada habisnya…dari mulai gudeg yg asli Jogja sampai jajanan macem-macem termasuk es krim. Sekarang yg mo kubahas soal es krim, kebetulan juga termasuk daftar makanan favoritku n suamiku. Habis baca-baca di internet n panduan wisata kuliner ala Pak Bondan si dedengkotnya wisata icip-icip ini ketemu warung makan yg khusus menjajakan es krim. Disitu katanya warung yg dinamai “Ice Cream Tip-Top” ini sudah ada sejak puluhan tahun yg lalu…sekitar tahun 30an tepatnya lupa tahun berapa yg jelas jadul abis deh. Si pemilik yg keturunan tionghoa ini masih setia menjajakan menu-menu es krim dari awal berdirinya hingga sekarang, jadi bisa dibilang gak ada inovasinya sama sekali cuma nerusin tradisi simbahnya doang, tapi justru itu yg jadi nilai plus karena cita rasa historisnya itu yg bikin warung es krim ini nampak old school banget gitu loh. Katanya kalo jaman simbahnya dulu yg makan disini kebanyakan orang-orang lokal tajir n para penjajah belanda.

mejokursijadulWarung yg terletak di Jl. Mangkubumi ini masih menerapkan jadwal buka-tutup toko ala jaman doeloe, jadi bukanya mulai jam 9 pagi sampai setengah dua siang trus tutup istirahat lalu buka lagi jam 5 sore hingga jam setengah sepuluh malam, n hari minggu libur. Dari luar rumah makan ini sudah kayak museum, pas masuk ke dalem¬†tatanan meja-kursinya juga jaduuull banget, katanya sih meja-kursinya dari awal buka sampai sekarang ya masih awet dipakai jadi tuh kursi sudah diduduki jutaan pantat dari era simbah-simbah kita sampai manusia jaman sekarang ini…gile beneerrr, tapi untungnya pelayannya bukan pelayan jadul alias simbah-simbah tapi mbak-mbak jaman sekarang hehe.

Waktu ngeliat menu-menunya berasa bernostalgia sama makanan jaman kita masih bocah unyu-unyu, penginya sih nyobain semua tapi setelah liat isi dompet kayaknya gak mencukupi deh alhasil ya cuma pesen 2 es krim, coklat n hard ice cream. Hard ice cream ini teksturnya padat jadi lama banget cairnya kalo dikunyah malah terasa renyah…enak kabeh lah pokoknya.

WP_000554 hard ice cream

About these ads

10 thoughts on “Merasakan Es Krim Jadul Jogja

  1. Awal bulan ini, saya jalan2 ke Jogya. Telat baca postingan ini. Cuma jalan2 ke Prambanan, Malioboro dan keraton. Nyampe Makassar, baru tau, kalo ada yang namanya House of Raminten di Jogya. Ciaaaaat. Mau balik lagi aaah.

  2. jadi pengen pulang ke yogya, baru sekali icip-icip di tip top karena ga pernah punya duit lebih, sedangkan harga ice cream nya yg berbagai mode itu agak diatas rata2 kantong orang jogja seperti saya.

    • hehehehe emank harga yg fantastis buat harga es krim. tapi sekalikali gak palah…demi memanjakan lidah qta dengan es jadul….;) masih inget n tau es gabus…nah di tiptop ada lhooo…bakal mengenang masa kecil juga…”selamat mencoba mas bro”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s