Menyusuri Sungai Bawah Tanah di Goa Pindul

13082851832136490697

pemandangan paling menakjubkan didalam goa

Kali ini aq bakal crita tentang wisata alam yg terletak digunung kidul jogjakarta….wuuiiih manteb…n wajib disinggahi bagi para wisatwan yg mlancong ke jogjakarta…

berawal dari pengen dan penasaran,,,,saya dan suami berangkat dengan modal nekat…padahal jogja baru musin hujan,,😦 tapi qta sudah memprediksi hujan bakal turun sore harinya,,,hahahaha,,insting aja,,😛

qta berangkat pukul 06.30 waktu setempat naek motor kebanggaan qta…hohoho…mulailah perjalanan yg mengasikkan.Jarak tempuh dari kota jogja sampai tujuan kurang lebih 1,5 jam…jadi kira2 qta sampai jam 8…eemmm saya akan memberikan info bagi yg belum tau arah dan denah GOA PINDUL,jadi kalo dari Yogyakarta – Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) –  Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari  ambil menuju kota Wonosari) – Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur ditengahnya) ambil arah ke kiri – Ikuti jalan aspal yang lebar (ada pertigaan belokan ambil kanan) – lurus hingga lampu merah –  Perempatan lampu merah lurus – Ada pertigaan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri – Ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi yang banyak terdapat tulisan Pindhul/Pindul. Saran bagi yg benar2 kurang tahu arah goa pindul gak usah takut kalo dah sampe bundaran siyono di pojokan sebelum belok kiri ada jasa antar menuju goa pindul….tenang aja qta gak ngeluarin upah buat si jasa antar karena mereka akan mendapat fee dari pengelola goa pindul, tapi kalo memank pengen kasih it’s oke…lebih baguuuus kan amal….hehehehe…Sesampainya dilokasi Goa pindul sudah agak rame jadi qusaranin dech kalo mau kesana apalagi pas liburan gini mending berangkat pagiii,,,xixixixi,,,karena bakal ngantri panjang….;) tapiii seruuu….tiket masuk pun sungguh murah Rp 30.000,00 buat pemandangan yg luar biasa..dengan harga itu qta sudah mendapatkan fasilitas jaket pelampung,sepatu,dan ban dalam mobil..murah kaaan…

WP_000858cuuuuuzzz qta dah siaaap mau cuvetubing riaaa dan gak lupa qta juga didampingi 2 pemandu yg nantinya akan menjelaskan sejarah goa pindul…;)

Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air berfariasi sekitar 5 – 12 m. Goa ini memiliki 3 zona. zona terang, zona remang, dan zona gelap. waktu tempuh sekitar 45 menit.Cavetubing hampir sama dengan rafting. Jika rafting (arung jeram) adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu, maka cavetubing adalah kegiatan menyusuri gua menggunakan ban dalam mobil. Karena aliran air di Gua Pindul ini tenang maka melakukan cavetubing di Gua Pindul ini juga bisa dilakukan oleh pemula maupun anak kecil soalnya satu tim saya kebetulan ada anak kecil berumur sekitar 3th…lucuuu….foto samping kiri itu pintu keluar goa.

Saat anda melakukan susur gua di Gua Pindul ini, anda akan menemukan sebuah stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa(Soko Guru). Stalaktit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan katanya juga punya urutan ke-4 teratas didunia…wuuiiiih keren kan…kalo penasaran dateng ajaah…😛. uniknya lagiii ada stalagtit putting yg masih aktif siap menanti anda dengan tetesan airnya yang konon bisa bikin cantik n’ awet muda dan bentuknya bukan kayak puting loh tapi candi terbalik, bentuk yang sangat unik , bagi yg lelaki untuk menambah vitalitas telah ditunggu stalagtit jantan, anda cukup memegang aja udah terasa bedannya  hahahahaha…….Lalu Stalagmit dan stalagtit terbesar yang disebut “Soko Guru” ini, butuh 5 orang untuk melingkarinya, bahkan celahnya hanya cukup dilewati satu orang saja itupun ketika melewati kaki qta harus bersila karena takut kaki qta terkena dinding goa.Keindahan semakin lengkap dengan adanya ornamen disepanjang dinding Goa seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai. Mata kristal Kelelawar bergelantungan menghiasi lorong goa. Terdapat tirai juga yang tersusun dari tetesan air didinding Goa.Sungai bawah tanah yang mengalir melalui Goa Pindul ini juga menawarkan keindahan tersendiri bagi yang melintasinya. Kalau sampai di zona gelap, yang tidak menyisakan sedikit pun cahaya, itulah kegelapan yang patut dinikmati setiap pengunjung.

Ditengah Gua qta bakal nglewati sebuah ruangan yang agak besar, dengan lubang diatasnya yang warga setempat menyebut sumur terbalik, sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah, informasi dari pemadu kami bahwa t4 ini pernah dibuat syuting produk rokok yg sering sekali memperlihatkan keindahan indonesia.eeemmm apa yaa….kereen dech pokonya…

gak terasa goa sepanjang 350 meter itu sudah kami lalui…huuuuufh..belum puas rasanya menikmatinya…oiya setelah selesai nelusuri goanya trus dianter pake mobil pikup jadul sampai diarea pertama lalu qta juga disuguhi wedang jahe   angeeet…bikin tubuh fiit lagee….tapiiii ada yg disayangkan susah sekali kalo mo jepret2 didalem goa karena takut kebasahan jadi kameranya dibungkus plastik bening lagian karena kameranya takut jatuh jadi hati2 banget megangnya, makanya disana juga ada jasa tukang potret.

pokoknya seru dech…n patut dicoba bagi yg suka tantangan…xixixixixi….

semuga informasi ini bermanfaat….selamat berlibuur…dan selamat tahun baruu 2013

Foto lainnya:

pindul2

12695_524990760864051_669136023_n

dsc_0033edt

foto ini ambil dari web lain…soalnya hasil fotoku banyak yg jelek

5 thoughts on “Menyusuri Sungai Bawah Tanah di Goa Pindul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s